Rabu, 09 Juni 2010

Perbedaan Jenis Batik



Batik memiliki kekayaan tak hanya filosofi, makna, ragam, motif dan warna. Batikpun memiliki perbedaan atau keragaman mengenai proses pembuatan atau jenisnya sebagai berikut :

1. Batik tulis. Adalah semua proses dikerjakan secara manual, satu per satu, dengan canting, lilin malam, kain, dan pewarna.

2. Batik cap. Digunakan alat cap atau stempel yang telah terpola batik. Stempel tersebut diceupkan ke dalam lilin panas, kemudian ditekan atau dicapkan pada kain. Proses ini memakan waktu yang lebih cepat disbanding pada proses batik tulis, karena pada batik tulis pola tersebut harus dilukis titik demi titik dengan canting, sedangkan pada batik cap dengan sekali tekan anda dapat menyelesaikannya.


3. Batik printing atau sablon. Pada proses batik ini, pola telah diprint di atas alat sablon, sehingga pembatikan dan pewarnaan bias dilakukan secara langsung. Jadi, proses batik dapat diselesaikan tanpa menggunakan lilin malam serta canting. Dengan demikian, proses hanya akan dan tentu saja memerlukan waktu yang lebih cepat disbanding pada proses batik tulis dan batik cap.


http://tempointeraktif.com

0 komentar:

Posting Komentar