Selasa, 08 Juni 2010

Aneka Krim Penambah Selera



Krim yang tepat bisa membuat sajian terasa lebih nikmat dan membuat tampilan sajian lebih enak dipandang. Tapi Anda perlu tahu juga krim-krim apa yang tepat guna. Berikut keterangannya:

1. Krim Kental
Berkadar lemak di atas 36-48 persen dan tersedia di pasaran dengan nama seperti double/heavy cream (Inggris) dan thick cream (Amerika). Warnanya putih bersih, bertekstur lebih kental dari susu cair. Umumnya digunakan sebagai campuran dalam sup, saus, minuman, dessert, maupun ganache.

Bila dikocok sampai kaku, disebut whipped cream dan dijual dalam kemasan tetra pack (200ml-1 liter). Selalu simpan dalam lemari pendingin dengan tertutup rapat agar tahan lama.

Ada pula krim bubuk warna putih untuk pengganti krim kental cair dan lebih tahan lama di suhu ruang. Campur dengan air dingin atau susu cair dingin lalu kocok dengan mixer sampai kaku. Biasa digunakan untuk menghias cake dan puding.

Jenis lainnya adalah krim kocok kalengan (canned cream) yang digunakan untuk hiasan topping pada dessert, minuman, atau kue.


2. Krim Cair
Krim cair (fresh cream) ini mengandung lemak yang sangat rendah. Karena itu, jika dikocok tidak akan mengembang atau kaku, dan biasanya digunakan sebagai campuran seral, kopi, atau campuran dalam kuah sup dan bahan kue. Tersedia juga cream half and half, campuran antara krim dan susu dengan kandungan lemak yang lebih rendah namun fungsinya tetap sama.

3. Krim Asam (Sour Cream)
Rasanya asam tapi gurih (hampir sama dengan yogurt). Namun jangan mengganti sour cream dengan yogurt, ya. Bicara soal bentuk, sour cream kental dengan warna putih bersih. Di pasaran dijual dalam kemasan cup sangat nikmat untuk campuran saus, sup, cake, masakan unggas atau ayam, dan hidangan laut.

4. Non-dairy Cream
Berasal dari lemak nabati (kelapa sawit) yang merupakan alternatif krim dan tidak mengandung susu sama sekali. Unik, ya? Ia cair dan manis, sehingga tak perlu lagi tambahan perasa. Krim ini sangat mudah digunakan dan lebih tahan di suhu ruangan juga pas digunakan untuk menghias dessert.

5. Cream Cheese
Padat seperti keju lunak yang memiliki rasa sedikit asam. Cream cheese merupakan keju segar yang tidak melalui proses penyimpanan lama dan tersedia dalam berbagai jenis sesuai kandungan lemaknya. Keju ini sangat nikmat digunakan sebagai bahan tambahan untuk dessert, seperti cheese cake, filling pie, atau dimakan bersama buah-buahan. Tersedia dalam berbagai rasa dan aroma, seperti aroma bawang putih sehingga rasanya lebih spicy.


Sumber : Kompas.com

0 komentar:

Posting Komentar