Jumat, 04 Juni 2010

Enyahkan Radang Tenggorokan

Sakit di tenggorokan saat sedang menelan adalah pertanda daya tahan tubuh sedang turun. Ini bisa dialami oleh siapa saja. Pahami cara mudah mengeyahkannya.

Sekitar 80 persen sakit tenggorokan disebabkan virus yang menyerang di kala tubuh sedang letih atau tak prima. Tak hanya itu. Kebiasaan yang tak sehat juga dapat memicu timbulnya iritasi pada tenggorokan misalnya merokok.



Selain karena virus, sakit tenggorokan juga bisa disebabkan oleh bakteri streptokokus. Biasanya ini akan menimbulkan gejala nyeri yang hebat bilamana kita sedang makan. Gejala lainnya, terlihat bintik putih disertai pembesaran pada kelenjar amandel.

Untuk mengatasinya, minumlah air hangat secukupnya. Atau cobalah jalani terapi akupunktur untuk meringankan peradangan, sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh. Namun, jika penyebab radang adalah bakteri, berarti kita juga perlu mengonsumsi obat antibiotik sesuai anjuran dokter.

Menurut dr.Alyya Siddiqa, SpFK, spesialis farmakologi klinik dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, untuk menghilangkan rasa nyeri, minumlah obat analgetik seperti parasetamol atau obat anti-inflamasi non-steroid seperti ibuprofen. Atau, pakailah antiseptik topikal seperti obat kumur atau tablet hisap.

0 komentar:

Posting Komentar