Sabtu, 05 Juni 2010

Kecelaan Serius, Rossi Patah Kaki



Pembalap tim Yamaha, Valentino Rossi, dipastikan tidak akan tampil pada balapan MotoGP di sirkuit Mugello, Italia, Ahad (6/6) karena menderita cedera parah akibat kecelakaan pada sesi latihan bebas, Sabtu (5/6). Akibat kecelakaan itu Rossi mengalami patah tulang kering dan cedera pada pergelangan kaki kanannya.

Kecelakaan yang menimpa pembalap berusia 31 tahun itu terjadi setelah ia gagal mengendalikan motornya saat melintasi tikungan 13 ketika waktu sesi latihan tersisa tinggal 15 menit. Akibatnya, Rossi sempat terlempar dari motornya dan jatuh di pinggir lintasan. Pihak Yamaha sendiri sudah memberikan konfimasi bahwa Rossi tidak akan tampil pada balapan dan akan menjalani perawatan medis intensif.

Pada sesi latihan itu, rekan setim Rossi, Jorge Lorenzo, menjadi pembalap tercepat yang membukukan catatan waktu satu menit 48,2 detik untuk satu putaran. Pembalap tim Honda, Andrea Dovizioso, menempati peringkat kedua dengan catatan waktu terpaut hanya 0,3 detik dari Lorenzo. Meski tidak menyelesaikan sesi latihannya, Rossi mampu menempati peringkat lima dengan catatan waktu satu menit 49,9 detik atau terpaut hanya 0,4 detik dari Daniel Pedrosa, pembalap tim Honda, yang menempati peringkat tiga.

Ini bukan cedera pertama yang dialami Rossi. Pada April lalu, juara bertahan MotoGP ini sempat bergulat dengan cedera bahu setelah mengalami kecelakaan meski akhirnya bisa tampil di balapan. Tapi kali ini Rossi kehilangan peluang tampil di depan publiknya sendiri di sirkuit Mugello dan juga terancam gagal mempertahankan gelar juara jika ia harus absen panjang akibat cederanya.

Musim ini, dari tiga balapan yang ia ikuti, Rossi baru berhasil meraih satu kemenangan yaitu di seri perdana MotoGP di Qatar. Pesaing terdekatnya adalah Lorenzo yang sukses menjuarai dua balapan berikutnya di Spanyol dan Prancis. Lorenzo kini menempati peringkat pertama klasemen pembalap dengan perolehan 70 poin. Sedangkan Rossi berada di posisi kedua dengan 61 poin disusul oleh Dovizioso, Pedrosa dan Nicky Hayden.

0 komentar:

Posting Komentar