Kamis, 17 Juni 2010

Anjing Pelacak DVD Bajakan



Dixxie adalah anjing jenis spaniel yang dapat 'mengendus' atau melacak adanya disc bajakan. Brian Wilson, seorang perwira Standar Perdagangan, yang pertama kali menggunakan anjing untuk mengendus DVD. Dia mengatakan, ''Dixie telah melewati ujiannya di bulan Mei 2010, dan siap untuk bertugas di booth penjualan mobil dan sejenisnya". Wilson menunjukkan kemampuan anjing pelacak itu pada Selasa (15/6) dalam acara masalah Konsumen dan Konferensi Standar Perdagangan 2010 di Edinburgh.

Wilson mengatakan:''Dixie akan menemukan CD di lokasi manapun dan dalam jumlah apapun. Dia bahkan akan menemukan fragmen dari sebuah disk yang rusak dan tersembunyi misalnya di dalam kendaraan. Setelah disc telah ditemukan, kemudian terserah kepada pemilik disc untuk menjelaskan mengapa mereka memilikinya, jika ternyata mereka memiliki CD arau DVD bajakan.

Dixie tidak dapat membedakan antara hukum dan pemalsuan, namun dalam pelacakannya dia dapat mencakup ke daerah yang lebih luas dalam hitungan menit. Ini adalah wilayah kerja yang benar-benar penting. Banyak orang tidak menyadari bahwa sebagian besar perdagangan ilegal CD dan DVD bajakan memiliki hubungan dengan kejahatan terorganisir yang dapat mempengaruhi keselamatan dan kesejahteraan konsumen dan bisnis dalam skala luas.'' kata seorang juru bicara.

Institut Standards Penjualan menyatakan bahwa dengan adanya anjing yang bisa 'mengendus' CD dan DVD bajakan akan memiliki dampak besar pada petugas yang akan dengan cepat dapat menemukan barang palsu tersebut.


Liputan6.com

0 komentar:

Posting Komentar