Selasa, 08 Juni 2010

London Luncurkan Taksi Berbahan Bakar Hidrogen

Taksi hitam dengan penampilan klasik yang menjadi ikon London mulai 2012 akan menggunakan sel bahan bakar atau hidrogen. Langkah ini dibuat agar taksi tersebut tidak lagi menimbulkan emisi dari knalpot.

Prototipe taksi London Hibrida Sel Bahan Bakar telah diluncurkan di Balai Kota London kemarin dan merupakan hasil kerja konsorsium berupa perusahaan, termasuk Lotus Engineering. London ingin menggunakan taksi yang bersih untuk meningkatkan kualitas udara. Di samping itu, tentu saja hal itu dapat mengurangi polusi asap yang keluar dari taksi dan bus berbahan bakar diesel.

Taksi ini merupakan salah satu langkah pertama dalam mengatasi masalah polusi di kota besar, seperti London. Menurut Kit Malthouse, Deputy Walikota London, polusi dari taksi hitam harus dihilangkan.

“Taksi hitam merupakan ikon London. Namun, taksi ini merupakan sumber polusi yang cukup besar, terutama di pusat kota,” ungkapnya.

Pada prototipe ini, yang keluar dari knalpotnya hanyalah air. Dengan ini pula, teknologi hidrogen diharapkan segera memainkan perannya untuk membersihkan udara bagi penduduk kota-kota besar yang makin disesaki kendaraan.

Taksi prototipe hidrogen London ini diklaim dapat melaju pada kecepatan tertinggi 128 kpj dan sekali isi bisa dipakai untuk menempuh jarak 400 km. Adapun lama pengisian adalah lima menit.

Penjabat resmi proyek ini percaya, proyek bisa mengurangi polusi yang ditimbulkan setiap hari oleh taksi hitam khas London tersebut. Kendati demikian, masalah yang cukup memusingkan pun muncul, yaitu tempat pengisian hidrogen yang belum banyak.

Dijelaskan pula bahwa proyek tersebut menghabiskan biaya 5,5 juta poundsterling (Rp 77 miliar). Dana tersebut diperoleh dari Dewan Strategi Teknologi.

Target penggunaan taksi hitam berbahan bakar hidrogen juga dimanfaatkan sebagai estalase untuk menyambut Olimpiade London 2012. Karena itu pula, lima bus kota berbahan bakar hidrogen diluncurkan pada akhir tahun ini.


Sumber : Kompas.com

0 komentar:

Posting Komentar