Selasa, 08 Juni 2010

Konser Piala Dunia Akan Diboikot



Sejumlah organisasi massa akan memboikot konser pembukaan Piala Dunia 2010 di Stadion Orlando, Soweto, 11 Juni nanti. Sebab, konser itu tak mencerminkan kebudayaan Afrika Selatan.

Konser itu akan menampilkan Alicia Keys, Black Eyed Peas, Angelique Kidjo, John Legend, Juanes, dan Shakira. Sedangkan artis Afsel adalah Goldfish, Lira and Loyiso Bala, Kwani Experience and Steadyrock, Tumi Molekane, dan 340ml.

Organisasi yang mengampanyekan pemboikotan adalah Creative Worker Union of South Africa (WUSA), persatuan sepak bola Afsel, pemuda komunis, pemuda ANC, dan organisasi masyarakat sipil. Mereka kecewa kepada FIFA yang mengedepankan artis luar daripada artis dalam negeri.

"Jika orang nekat datang ke acara itu, kami tak bertanggung jawab jika terjadi kekerasan," ancam Presiden WUSA Kid Sithole, seperti dimuat di beberapa media massa lokal.

"Kami tak percaya FIFA lagi. Mereka ke sini hanya akan mengontrol kami," kata Salta, tokoh organisasi lain.

Mereka menuntut agar konser itu lebih didominasi artis Afsel. Sebab, mereka merasa artis Afsel sederajat dengan artis internasional. Selain itu, mereka juga ingin konser lebih menonjolkan kebudayaan Afsel.

0 komentar:

Posting Komentar