Kamis, 17 Juni 2010

Energi Nuklir Aman Kok



Terungkap, nuklir menjadi energi alternatif pembangkit listrik ramah lingkungan. "Indonesia memiliki sumber daya radioaktif yang cukup banyak, khususnya di Kalimantan Barat. Seharusnya, energi alternatif itu dapat dimanfaatkan dengan baik untuk pembangkit listrik," kata dosen Fakultas Teknik dan Mineral Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta Dwi Putranto Waluyo Aji MT di Yogyakarta, Selasa (15/6).

Dwi menuturkan, masyarakat tak perlu takut memanfaatkan nuklir sebagai sumber energi alternatif. Selain aman, pembangunan reaktor nuklir pun bisa didesain di bawah tanah untuk mengurangi efek negatif bila terjadi kecelakaan. "Nuklir juga relatif lebih ramah lingkungan dibanding batu bara karena bisa menghasilkan karbondioksida yang bisa menambah polusi udara," ucap Dwi.

Bila menggunakan batu bara, tambah Dwi, memiliki sejumlah kelemahan. Bila mendatangkan dari luar daerah, mengangkut batu bara memiliki kendala pada cuaca. "Apabila pasokan batu bara terhambat, maka masyarakat yang akan merasakan dampaknya karena tidak ada listrik yang mengalir," jelas Dwi. Ia mencontohkan negara lain yang menggunakan nuklir yakni Prancis.

Menurut Dwi, lokasi pembangunan pembangkit listrik tenaga nuklir bisa dilakukan di Kecamatan Wonosari, Gunungkidul, Yogyakarta atau di Pacitan, Jawa Timur. Sebab memiliki struktur batuan yang relatif kuat.


Liputan6.com

0 komentar:

Posting Komentar