Kamis, 05 November 2009

TEORI PRESTASI

Motivasi berasal dari kata latin “movere” yang berarti “dorongan atau daya penggerak”. Motivasi dapat diartikan sebagai kekuatan (energi) seseorang yang dapat menimbulkan tingkat persistensi dan entusiasmenya dalam melaksanakan suatu kegiatan, baik yang bersumber dari dalam diri individu itu sendiri (motivasi intrinsik) maupun dari luar individu (motivasi ekstrinsik).Seberapa kuat motivasi yang dimiliki individu akan banyak menentukan terhadap kualitas perilaku yang ditampilkannya, baik dalam konteks belajar, bekerja maupun dalam kehidupan lainnya.. Kajian tentang motivasi telah sejak lama memiliki daya tarik tersendiri bagi kalangan pendidik, manajer, dan peneliti, terutama dikaitkan dengan kepentingan upaya pencapaian kinerja (prestasi) seseorang.

Motivasi dapat ditimbulkan baik oleh faktor internal maupun eksternal tergantung dari mana suatu kegiatan dimulai. Kebutuhan dan keinginan yang ada di dalam diri seseorang merupakan motivasi internal. Begitu juga dalam suatu organisasi, setiap individu akan mempunyai kebutuhan dan keingian yang berbeda dan unik. Sedangkan motivasi eksternal menjelaskan kekuatan – kekuatan yang ada di dalam individu yang dipengaruhi faktor - faktor intern. Untuk itu, teori motivasi eksternal tidak mengabaikan teori motivasi internal, tetapi justru mengembangkannya.

Ada 7 macam teori motivasi yang dikembangkan oleh para ahli yang berbeda – beda. Para ahli – ahli tersebut mendefinisikan teori motivasi sesuai dengan gambaran dan penglihatan mereka dengan kehidupan yang ada saat ini.

1. Teori Abraham H. Maslow (Teori Kebutuhan)
2. Teori Herzberg (Teori Dua Faktor)
3. Teori McClelland (Teori Prestasi)
4. Teori Victor H. Vroom (Teori Harapan )
5. Teori Keadilan
6. Teori F.W Taylor(Teori Klasik)
7. Teori Human Relations ( mengarah pada faktor manusiawi ).

Dari 7 Teori diatas saya akan Menjelaskan salah satu Teori tersebut dan yang akan saya bahas adalah teori yang ke 3 yaitu Teori prestasi dari Mc Clelland, Teori yang dapat Memotivasi diri saya sendiri

Teori Motivasi Prestasi adalah Teori motivasi pada sebuah pikiran atau cara untuk memotivasi seseorang terhadap seseorang atau sekelompok orang lain agar mendapatkan sebuah pencerahanyang berupasemangat.
Dalam teori ini David McClelland menjelaskan tiga jenis motivasi, yang diidentifikasi dalam buku ”The AchievingSociety”yaitu:

1.Motivasiuntukberprestasi(n-ACH)
2.Motivasiuntukberkuasa(n-pow)
3. Motivasiuntuk berafiliasi/bersahabat (n-affil)

Teori Prestasi dikemukakan oelh David McCleland. McCleland adalah seorang ahli psikologi sosial yang memusatkan perhatian pada kepribadian sebagai pendorong utama perubahan.

Dari pembahasan diatas Teori Prestasi adalah Teori yang dapat Memotivasi diri saya Sendiri. Kenapa? Karena Dengan adanya Teori Prestasi saya dapat Memotivasi diri saya sendiri untuk lebih Berprestasi lagi untuk semester-semester berikutnya, cara yang akan saya lakukan adalah dengan cara belajar sebaik mungkin karena dengan belajar lebih baik lagi kita akan mendapatkan apa yang kita inginkan, lalu denagn cara membaca buku ,bertanya pada dosen, belajar dengan teman – teman pastinya akan menambah wawasan yang tadinya saya tidak mengerti lalu dengan saling bertukar pikiran dengan mereka saya bisa lebih tahu tentang banyak hal,Untuk mendapatkan Prestasi tentu saja tidak semudah itu dibutuhkan suatu Perjuangan karena untuk mendapatkan segala sesuatu harus ada suatu perjuangan, Perjuangan yang sungguh-sungguh maka akan menghasilkan sesuatu yang terbaik bagi diri kita sendiri. Saya akan berusaha agar nilai – nilai saya dapat lebih baik, maka dari sekarang saya akan mulai Memotivasi diri saya sendiri untuk berprestasi, dengan cara ini saya bisa Memotivasi diri saya sendiri untuk lebih baik lagi, Tentu saja yang saya inginkan bukan hanya berprestasi di pelajaran atau hanya di Lingkungan kampus saja, tetapi saya juga ingin berpestasi di lingkungan luar juga. Agar mendapatkan pengetahuan yang luas lagi. Dengan cara – cara seperti itu saya berharap nilai – nilai dan prestasi saya bisa lebih baik lagi walaupun banyak situasi yang tidak saya harapkan. Karena kadangkala kita sulit Memotivasi diri kita sendiri, kita mempunyai suatu kemauan tetapi kita sulit sekali untuk Mengerjakannya. Untuk itulah dengan adanya Teori Prestasi ini mudah-mudahan bisa Memotivasi diri saya agar bisa Berprestasi dam Mempunyai kemauan untuk mendapatkannya. Dengan memotivasi diri sendiri seperti ini pastinya saya mempunyai gambaran supaya saya bisa lebih maju lagi untuk kedepannya dan prestasi saya bisa lebih bagus dari semester – semester sebelumnya. Dengan memilih teori yang dikembangkan oleh Mc Clelland mengenai motivasi prestasi saya berfikir bahwa segala sesuatu yang ingin dikatakan sukses pasti ada perjuangan yang harus dilalui dan perjuangan itu tentunya tidak mudah butuh waktu, tenaga dan kesungguhan serta niat yang sungguh – sungguh dari dalam diri seseorang apabila dia mau menjadi orang yang sukses dan menginginkan prestasi yang lebih tinggi. Maka dari sekarang mulailah Memotivasi diri untuk lebih baik lagi dari sebelumnya agar Prestasi yang kita inginkan bisa terwujud.

0 komentar:

Posting Komentar