Kamis, 12 Januari 2012

Pentingnya Manajemen Kontrol Keamanan Pada Sistem

Definisi Keamanan Sistem adalah proteksi perlindungan atas sumber-sumber fisik dan konseptual dari bahaya alam dan manusia. Kemanan terhadap sumber konseptual meliputi data dan informasi.Tujuan pengontrolan adalah untuk memastikan bahwa CBIS telah diimplementasikan seperti yang direncanakan, system beroperasi seperti yang dikehendaki, dan operasi tetap dalam keadaan aman dari penyalahgunaan atau gangguan.

Informasi adalah salah suatu asset penting dan sangat berharga bagi kelangsungan hidup bisnis dan disajikan dalam berbagai format berupa : catatan, lisan, elektronik, pos, dan audio visual. Oleh karena itu, manajemen informasi penting bagi meningkatkan kesuksusesan yang kompetitif dalam semua sektor ekonomi.

Properti Sistem Yang Memberikan Keamanan
Sebuah system harus mempunyai tiga property (sifat), yaitu :

1. Integritas, system akan mempunyai integritas bila ia berjalan menurut spesifikasinya. Perancang system berusaha untuk mengembangkan system yang mempunyai integritas fungsional, yaitu kemampuan untuk melanjutkan operasi, apabila salah satu atau lebih dari komponennya tidak berjalan.

2. Audibilitas, ia akan bersifat audible jika ia memiliki visibilitas dan accountability (daya perhitungan). Bila system memiliki audibilitas maka mudah bagi seseorang untuk memeriksa, memverifikasi atau menunjukkan penampilannya.

3. Daya kontrol, daya kontrol memungkinan manajer untuk menangani pengerahan atau penghambatan pengaruh terhadap system. Teknik yang efektif untuk mendapatkan daya kontrol system ini adalah dengan membagi system menjadi subsistem yang menangani transaksi secara terpisah.

* Kontrol Disain Sistem
Selama fase disain dan analisis dari siklus hidup system, Analis System, DBA dan Manajer Jaringan membangun fasilitas kontrol tertentu dalam disain system. Selama fase implementasi, programmer menggabungkan kontrol tersebut ke dalam system. Disain system dikontrol dengan cara menggabungkan kontrol software menjadi lima bagian pokok, yaitu :
– Permulaan Transaksi (Transaction Origination)
- Komunikasi Data (Data Communication)
- Pemrosesan Komputer (Computer Processing)
- Output Komputer (Computer Output)

* Kontrol Terhadap Pengoperasian Sistem
Kontrol pengoperasian system didasarkan pada struktur organisasional dari departemen operasi, aktivitas dari unit yang ada dalam departemen tersebut.
Kontrol yang memberikan kontribusi terhadap tujuan ini dapat diklasifikasikan menjadi lima area :
1. Struktur organisasional
2. Kontrol perpustakaan
3. Pemeliharaan peralatan
4. Kontrol lingkungan dan kemanan fasilitas
5. Perencanaan disaster, meliputi area :
- Rencana keadaan darurat (emergency plan)
- Rencana back-up (backup plan)
- Rencana record penting (vital record plan)
- Rencana recovery (recovery plan)
Read More

CARA MEMBUAT WBS PEMBUATAN WEBSITE PENJUALAN TELEPONE SELULAR DENGAN MENGGUNAKAN PHP DAN MYSQL

Langkah pertama adalah membuat struktur navigasi



Struktur navigasi yang digunakan adalah struktur navigasi campuran, Struktur penjejakan campuran merupakan gabungan dari ketiga struktur navigasi liner, hirarki dan non linier. Struktur penjejakan ini banyak digunakan dalam pembuatan aplikasi web atau multimedia sebab dapat memberikan keinteraksian yang lebih tinggi.

Dalam halaman ini, struktur navigasi user mempunyai beberapa bagian, diantaranya adalah:
•Home : Halaman ini berisi menu utama

•Lihat Produk : Halaman ini User bisa melihat ponsel yang sudah tersedia di Web Penjualan Telepon Cellular berdasarkan Merk Ponsel Seperti Nokia, Sony Ercisson, Samsung, dan Blackbery beserta harga dan spesifikasi ponsel tersebut.

•Profil : Halaman ini User bisa meliahat data-data profil Admin.

•Help : Halaman ini User bisa melihat informasi seabagi petunjuk bantuan dari menu-menu navigasi.

•Cara Pemesanan : Halaman ini User bisa melihat informasi tentang cara pemesan order ponsel.

•Buku Tamu : Halaman ini User bisa mengisi data-data sebagai buku tamu, beserta komentar.

•Order Ponsel : Halaman ini User bisa mengisi formulir pemesanan jika user order ponsel.

Untuk penjelasan struktur navigasinya dari menu bisa memilih menu-menu yang ada dalam navigasi tersebut. dari menu home bisa langsung menuju produk ponsel, jika ingin jika ingin membelinya bisa langsung masuk ke shopping cart, lalu akan masuk ke order produk setelah itu masuk ke pengisian formulir pembelian dan selesai.


Jika struktur program telah selesai dibuat, langkah selanjutnya adalah Perancangan halaman Website



Keterangan gambar rancangan halaman Home user :
-Link 1 : Home, Link ini menuju halaman utama web

-Link 2 : Lihat Ponsel, Link ini menuju ke halaman Lihat Ponsel dan hasil link akan menampilkan produk ponsel, yaitu Nokia, Sony Ericsson, Samsung, dan Blackberry.

-Link 3 : Profil, Link ini akan menuju ke halaman Profil, Menampilkan data Profil dari Admin.

-Link 4 : Help, Link ini akan menuju ke halaman Help, Menampilkan petunjuk - petunjuk dari setiap Link.

-Link 5 : Cara Pemesanan, Link ini akan menuju ke halaman Cara Pemesanan, Menapilkan informasi tentang cara order ponsel.

-Link 6 : Buku Tamu, Link ini akan menuju Buku Tamu, Meampilkan Formulir yang bisa di isi dengan data – data user dan komentar.

-Text1 : Menampilkan isi home dan gambar.
-Text 2 : Resent News Berisi berita – berita yang bisa d baca oleh user untuk menambah informasi terbaru tentang teknologi dan informasi.

Setelah itu membuat UML


• Multiplisitas Relasi
Multiplisitas adalah jumlah banyaknya obyek sebuah kelas yang berelasi dengan sebuah obyek lain pada class lain yang berasosiasi dengan class tersebut

Multiplisitas Arti
* Banyak
0 Tepat Nol
1 Tepat Satu
0..* Nol atau Lebih
1..* Satu atau Lebih
0..1 Nol atau Satu
Penjelasan untuk relasi dari UML tersebut adalah 1 user bisa memesan 1 atau lebih,1 pesanan atau lebih bisa menghasilkan 1 atau lebih produk.

Diagram Kelas (Class Diagram)
• Diagram yang di gunakan untuk menampilkan beberapa kelas serta paket-paket yang ada dalam system/perangkat lunak yang sedang kita kembangkan.
• Diagram kelas(Class Diagram) memberi kita gambaran ( diagram statis ) tentang system atau perangkat lunak dan relasi – relasi yang ada didalamnya.
Sebuah class memiliki tiga area pokok :
- Nama, merupakan nama dari sebuah kelas.
- Atribut, menunjukkan informasi yang dimiliki oleh suatu kelas, bisa juga disebut informasi yang berhubungan dengan kelas.
- Operator, digunakan untuk menunjukkan apa yang suatu kelas bisa lakukan atau apa yang bisa dilakukan pada suatu kelas
Read More